latihan soal marketng
PUTRA ALIZA
S.
X BDP
ABSEN 22
Tugas Latihan Soal Marketing Kelas X BDP
1. Jelaskan Pengertian Segmentasi Pasar, dan sebutkan
tujuan dilakukannya segmentasi pasar
oleh perusahaan
= Segmentasi pasar adalah strategi suatu perusahaan untuk
mengenal minat dan kebutuhan konsumen di suatu market yang kemudian menciptakan
produk baru (product diversification) yang sesuai dengan minat dan kebutuhan
konsumen tersebut.
Tujuan utama market segmentation adalah untuk membuat proses
pemasaran yang lebih terarah sehingga sumber daya perusahaan dapat digunakan
secara efektif dan efisien.
2. Dalam melakukan
segmentasi pasar harus memenuhi kriteria sbb:
a. Measurable b.
subtantial c. Accesible d. Diferentiable
Jelaskan dengan
singkat dan jelas masing-masing kriteria tersebut
= a. Measurable (Terukur)
Segmen pasar harus diukur berdasarkan nilai atau volume
penjualan (yaitu jumlah pelanggan dalam segmen ini). Riset pasar yang andal
harus mampu mengidentifikasi ukuran segmen pasar hingga tingkat akurasi yang
masuk akal, sehingga ahli strategi kemudian dapat memutuskan apakah, bagaimana,
dan sejauh mana mereka harus memfokuskan upaya mereka pada pemasaran ke segmen
ini.
b. Substantial (Substansial)
Sederhananya, tidak akan ada gunanya membuang anggaran
pemasaran dalam pasar yang tidak cukup besar, atau memiliki daya beli negatif.
Segmen pasar yang layak adalah dari kelompok yang homogen dengan karakteristik
yang jelas seperti kelompok usia, latar belakang sosio-ekonomi dan persepsi
merek. Hal yang “musiman” juga penting di sini. Tidak ada ahli segmentasi pasar
yang akan merekomendasikan untuk fokus pada kelompok pelanggan yang tidak
stabil yang kemungkinan akan bubar, satu atau dua tahun.
c. Accessible (Dapat diakses)
Ketika melakukan riset terhadap segmen pasar, penting untuk
mempertimbangkan bagaimana audiens dapat
mengakses informasi tersebut. Lalu, Anda juga harus mengenal kekuatan dan
kemampuan departemen pemasaran perusahaan Anda.
Mungkin ada segmen yang efektif menanggapi iklan outdoor lebih baik
seperti baliho atau papan reklame. Namun ada pula segmen yang lebih suka
menanggapi informasi melalui kampanye media sosial, iklan televisi, atau sejumlah pendekatan
lainnya.
d. Differentiable (Dapat dibedakan)
Segmen pasar yang ideal di sisi internal harus homogen,
(semua pelanggan di dalam segmen memiliki preferensi dan karakteristik yang
sama), namun secara eksternal adalah heterogen. Perbedaan antara segmen pasar
harus didefinisikan dengan jelas sehingga kampanye produk dan alat pemasaran dilaksanakan tidak
tumpang tindih.
3. Diantara penetapan
segmentasi pasar ada yang berpedoman pada:
a. Preferensi Pelanggan
b. Sensitifitas harga
Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing
segmentasi tersebut berikan
contohnya.
= a. Preferensi Pelanggan – Preferensi pelanggan seperti
persepsi bahan makanan. Misalnya, merek saus salad dengan semua bahan alami
untuk pelanggan yang tidak menyukai bahan yang terdengar seperti bahan kimia.
b. Sensitivitas harga – Di luar penghasilan, orang memiliki
kepekaan harga yang berbeda dibandingkan dengan kategori produk. Misalnya,
konsumen iphone yang membeli smartphone tersebut dengan harga yang kebanyakan
orang bilang cukup mahal, namun tidak bagi para pecinta produk Apple yang tahu
kelebihannya.
4. Jelaskan maksud pengelompokan segmentasi pasar
berdasarkan
a. Demografis b.
Geografis
= a. Geografi
Pada segmentasi ini, pasar dibagi ke dalam beberapa bagian
geografi seperti negara, wilayah, kota, dan desa. Daerah geografi yang dipandang
potensial dan menguntungkan akan menjadi target operasi perusahaan.
b. Demografi
Pada segmentasi ini pasar dibagi menjadi kelompok-kelompok
dengan dasar pembagian usia, jenis kelamin, tingkat ekonomi, dan tingkat
pendidikan.
5. Jelaskan hubungan Segmentasi Pasar dengan Analis Pasar.
= Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar
menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan,
karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau
bauran pemasaran yang berbeda.
Komentar
Posting Komentar